Invitro Terrarium

Anggrek kecil hidup dalam botol mini dan media bening

Sangat unik dan cocok dijadikan souvenir kantor, souvenir pernikahan dan souvenir workshop atau seminar… Pilihan dan daftar produk ini dapat dilihat pada invitro terrarium.

Mudah dan sulit, adalah kata yang bisa dikatakan untuk membuat produk ini. Mudah untuk anda yang punya fasilitas laboratorium kultur jaringan lengkap, seperti laminar air flow cabinet, autoclave, ruang inkubasi beserta sarana pendukung lainnya. Sulit untuk anda yang tidak mempunyai fasilitas lengkap serta tidak mempunyai skill mengenai kultur in vitro. Pembuatan mini terrarium culture sudah di buat sejak tahun 2005 di PPPPTK Pertanian (VEDCA) Cianjur dan mulai di komersilkan oleh mahasiswa UGM pada program PKM yang bernama mungil culture. Kali ini terrarium indonesia menjadikan produk ini sebagai salah satu produk unggulan terrarium indonesia yang bernama invitro terrarium.

Pembuatan invitro terrarium mempunyai tahapan sebagai berikut:

  • Kultur Embrio Anggrek hybrid
    Eksplan yang digunakan yaitu berupa buah hasil dari persilangan yang dilakukan pada induk yang sudah berbunga mekar atau apabila bunga tersebut mengeluarkan aroma wangi dan dilakukan pada pagi hari antara jam 09.00 – 10.00. Sebelum memasuki laminar air flow acbinet (LAFC), buah anggrek dibersihkan terlebih dahulu dengan menggunakan tissu yang dibasahi alkohol 96 %. Setelah itu alat-alat diseksi disterilisasi dengan disemprotkan alkohol kemudian dibakar menggunakan api pada bunsen sampai apinya mati dengan sendirinya. Setelah Sterilisasi alat diseksi dan laminar seleai, buah anggrek dicelupkan kedalam alkohol 96 % kemudian dibakar sampai api yang membakar buah terebut mati dengan sendirinya. Buah anggrek kemudian dibelah melintang dan dibelah sejajar sehingga buah dapat dibuka dan terbelah menjadi dua. Benih yang berada pada buah tersebut kemudian di tebar pada media kultur in vitro secara merata. Botol kultur kemudian ditutup rapat dengan menggunkan tutup plastik yang sebelumnya telah dilewatkan pada api. Botol kemudian diberi label yang berisi kode species anggrek, tanggal tanam dan nomor anggrek. Setelah semua pekerjaan selesai, Alat-alat dan enkas dibersihkan menggunakan tisu. Botol hasil tebar kemudian diolesi dengan menggunakan plastik warp kemudian di simpan di ruang inkubasi selama 3 bulan. Proses dari kultur embrio anggrek dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

  • Transplanting pada botol kecil
    Planlet satu persatu dipindahkan ke dalam media dalam botol kecil sebanyak 1 planlet perbotol secara teratur, rapi dan usahakan planlet tersebut tertancap pada media. Botol kultur kemudian ditutup yang sebelumnya tutup botol tersebut telah dilewatkan pada api. Tampilan planlet dalam botol kecil tersebut dapat di lihat pada gambar di bawah ini:

  • Pemasangan Ornament (gantungan atau tali kalung)
    Pemasangan ornament dilakukan dengan cara membuat lubang pada tutup botol dan memasukan ornament tersebut secara permanen dan minni terrarium anda siap di publish. Pemasangan ornament dapat di lihat pada gambar dibawah ini:

Pembuatan Invitro Terrarium anda selesai, cukup mudah dan mari membuat terrarium. #post by terrarium indonesia

2 thoughts on “Invitro Terrarium

  1. Halo terrarium community,

    Saya berminat banget untuk order invitro terrarium anggreknya. Apakah ada kontak khusus yang bisa dihubungi?

    Terima kasih.

Leave a comment